Apa itu Consultant?

Konsultan merupakan suatu pekerjaan yang menyediakan jasa konsultasi pada bidang keahlian tertentu, seperti pajak, akuntansi, pemasaran, hukum dan masih banyak lagi. Apa itu konsultan dapat diartikan sebagai seseorang yang dapat memberikan petunjuk dalam suatu bidang yang sebelumnya tidak diketahui oleh seseorang.

Tips Memilih Konsultan

  1. Respon Waktu– Apakah Klien menerima respon secara cepat.
  2. Kualifikasi Konsultan– Apakah sesuai dengan bidang pekerjaan.
  3. History Konsultan– Berapa banyak Klien yang telah ditangani.
  4. Detail kontrak– Apakah kontrak berisi tentang layanan, langkah-langkah, acuan, dan waktu yang jelas.
  5. Referensi terkait– Mencari referensi tentang Konsultan yang akan diberikan pekerjaan.

Seorang Konsultan menyediakan berbagai layanan untuk bisnis maupun individu, keterlibatan Konsultan dengan klien akan berubah sebagai prioritas yang penting dan akan selalu berkembang. Oleh karena itu, pengecekan ulang harus dilakukan untuk menjaga agar kegiatan konsultasi tetap fokus dan tetap terbuka. Maka sangat penting bagi Klien untuk tetap mempertahankan tujuan awal dari sebuah konsultasi. Adapun jika terjadi perubahan arah, maka harus melalui penilaian yang ketat.

Manfaat Menggunakan Jasa Konsultan

  1. Konsultan mengetahui manajemen yang efektif yang dapat diterapkan kedalam Industri ataupun Organisasi, Konsultan adalah solusi yang tepat yang mencerminkan keadaan dan aspirasi Klien.
  2. Konsultan selalu fokus pada pekerjaan dan tidak terganggu oleh tugas-tugas lainnya.
  3. Konsultan memilki keahlian yang berasal dari industri dan sektor lainnya.
  4. Konsultan memberi keterampilan teknis tertentu yang tidak ada di kantor, seorang Konsultan dapat mentransfer keterampilan tersebut kepada staf di kantor.
  5. Konsultan memberi keterampilan manajemen yang setara dengan posisi seorang tenaga ahli.

Sebuah konsultasi harus mengarah pada nilai bisnis yang dibuktikan melalui peningkatan mutu produk, profit perusahaan ataupun kinerja karyawan, sehingga Klien dapat meningkatkan kemungkinan hasil yang terbaik dengan konsultan. Klien harus mengetahui siapa yang akan melaksanakan pekerjaan dan juga memahami komitmen waktu dengan konsultan. Konsultan harus sepakat untuk men-transfer pengetahuan kepada Klien dan memastikan bahwa Klien tersebut diberi pengarahan tentang pekerjaan untuk mencegah obstruksi atau kurangnya komitmen.